Otot ACL lepas - Cedera otot ACL lutut - 23 February 2014

 


 

Otot ACL lepas - Cedera otot ACL lutut

Bagi para olahragawan ataupun bukan, yang suka olahraga futsal/basket/badminton harap hati-hati dengan lututnya. Jangan sampai cedera, sobek ataupun putus salah satu ototnya.

 

Otot ACL salah satu otot di lutut yang berjumlah 4. Otot ACL ini tidak tumbuh lagi jika putus, solusinya harus dioperasi. Ototnya diganti dari hamstring paha.

 

Ada 2 macam operasi, operasi terbuka dan tertutup. Operasi terbuka, operasi yang banyak sayatannya karena tidak menggunakan alat, operasi tertutup yaitu operasi yang sedikit sekali sayatannya karena menggunakan alat yang terhubung dengan monitor, atau disebut artroskopi.

 

Operasi untuk lutut saya, menggunakan operasi tertutup, dengan beberapa survey dulu, salah satunya ke Rumah Sakit Ortopedi Soeharso di Solo, akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke RS Borromeus di Bandung dengan dr Andre Yanuar, karena dia bisa menggunakan alat dengan operasi tertutup.

 

Saat ini saya sudah 3 minggu sejak dioperasi, sudah sangat lumayan sekali, membaik. Menurut buku panduan fisioterapi untuk operasi ACL ini membutuhkan waktu 6 bulan. 

 

Perbedaan waktu operasi dengan Radamel Falcao, hanya beda seminggu, dia duluan, tapi saya ingin sembuh duluan, saya selalu latihan sendiri walaupun fisioterapinya cuma 1x seminggu. 

 

Pada saat setelah operasi, sakit sekali, setelah 3 minggu sejak operasi sudah lumayan sekali, mudah-mudahan 2 bulan lagi sudah bisa olahraga, minimal bisa jalan pagi.

 

Buat yang sudah merasa berumur 35 tahun keatas, olahraganya yang ringan-ringan saja, karena kondisi badan juga sudah berubah.

 

 


 

Post on 23 February 2014 | 1 Comment(s)

 


Comment(s)

Rudy Sutanto (June 08, 2015)
Selamat Sore Pak,
Saya membaca artikel anda tentang :
Otot ACL lepas - Cedera otot ACL lutut - 23 February 2014

Disitu bapak menulis bahwa sudah survey ke RSO Soeharso Solo, tetapi akhirnya memutuskan untuk di operasi arthroscopy di RS Boromeus Bandung.
Boleh tau alasannya pak ? Kebetulan anak saya, 15 tahun, juga cedera acl putus, dan meniscus yg robek. Saya sedang mempertimbangkan solo juga di RSO Soeharso. Pertimbangan lainnya adalah bahwa di Solo akan lebih murah, benarkah begitu ?

Terima Kasih

Rudy Sutanto


 




 

Write Your Comment

 

* Your Name:
 
* Email :
(required but not published)
 
Website :
 
* Comment :
 

* Please input the code
 
Fields marked with (*) are required
 

 


 

Other Articles :

 

More Articles